Wednesday, May 4, 2016

Struktur Sistem Operasi Closed Source : Penjadwalan prosessor

   Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source.

             Keungulannya close source kita bisa mengetahui kode-kode pembuatan program itu. Kalau udah tau kode/struktur program tersebut, maka kita bisa mengedit program itu sesuai keinginan kita. Bisa jadi, program yang berbayar menjadi gratis karena kita edit. Itu kalau si pemilik program mau memberikan kode-kode tersebut secara gratis.
Penjadwalan Processor
Penjadwalan merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanisme di sistem operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan sistem komputer. Penjadwalan bertugas memutuskan : Proses harus berjalan, Kapan dan berapa lama proses itu berjalan.
a.      Tipe-tipe Penjadwalan
  Penjadwalan jangka pendek, bertugas menjadwalkan alokasi pemrosesan di antara proses-proses yang telah siap dimemori utama
  Penjadwalan jangka menengah, menangani serta mengendalikan transisi dari suspended to ready dari proses swapping
  Penjadwalan jangka panjang, bekerja terhadap antrian batch dan memilih batch berikutnya yang harus dieksekusi sistem
b.      Penjadwalan Proses
3 istilah yang digunakan pada penjadwalan proses:
1.      Antrian
Sejumlah proses yang menunggu menggunakan prosesor dan  akan diproses sesuai dengan urutan antrian proses.
2.      Prioritas
Mendahului pada antrian proses, kalau proses itu berada di bagian belakang antrian, maka dengan pemberian prioritas,   proses itu langsung berada di bagian paling depan pada antrian itu.
3.      Prempsi
Mendahului pada antrian proses, kalau proses  itu berada di bagian  belakang antrian,  maka dengan pemberian prempsi, proses itu langsung berada di bagian paling depan pada antrian itu bahkan  akan memberhentikan kerja prosessor untuk mengerjakan proses  yang prempsi tersebut.
c.       Kriteria Penjadwalan
1.      CPU utilization: 
      Diharapkan agar CPU selalu dalam keadaan  sibuk
2.      Throughput: 
      Throughput adalah banyaknya proses yang selesai di kerjakan dalam satu satuan waktu
3.      Turnaround time: 
      Banyaknya waktu yang di perlukan untuk mengeskusi proses,dari mulai menunggu untuk memerintah tempat di memori utama,menunggu di ready queue,eksekusi oleh CPU,dan mengerjakan I/O samapi semua proses-proses tersebut diselesaikan.
4.      Waiting time: 
      Waktu yang di perlukan oleh suatu proses untuk menunggu di ready queue
5.      Response time: 
      Waktu yang di butuhkan oleh suatu proses dari minta di layani hingga ada respont pertama yang menanggapi permintaan tersebut
d.      Algoritma Penjadwalan
  First Come First Server (FCFS)
  First Come First Server (FCFS)
  Priority Scheduling
  Round-Robin Scheduling
  RR- FCFS
  RR- SJF (Non- Preemptive)
                   ◉  RR- SJF (Preemptive)

0 comments: