Monday, May 16, 2016

Tutorial Dispersion menggunakan photoshop CS6 #2

Selamat malam, kali ini saya akan Re-post tutorial dispersion, karna hasil yang sebelumnya kurang bagus, lebih baik saya improvisasi saja ;_;


Updated! Link video sudah ditambahkan ^^


Baiklah, langsung saja mulai, ini dia tutorialnya :
Step 1 : Silahkan buat canvas baru dengan selera kalian masing masing. Kalo saya sih settingannya diatas tersebut

Step 2 : Tambahkan efek gradient pada canvas tersebut (caranya seperti gambar diatas)

Step 3 : Ubah warna setting gradientnya sesuai selera kalian, tapi kalau saya sih prefer seperti setting saya aja haha

Step 4 : Atur opacitynya sesuai keinginan kalian, seperti biasa, saya menyarankan sesuai dengan setting saya

Step 5 : Selanjutnya, masukan gambar objek


Step 6 : Masukan vibrance pada objek yang telah dimasukan, setting sesuai selera, dan seperti biasa, itu setting saya hehe


Step 7 : Gunakan brush tool untuk seleksi warna objek yang sudah di vibrance tadi agar sama seperti semula (Optional)

Step 8 : Masukan layer vibrance dan objek ke suatu grup baru


Step 9 : Klik layer gradient, lalu buat layer baru, dimulai dari sini semua sesuai selera kalian, silahkan gunakan brush yang kalian inginkan, dan soal warna silahkan pilih warna sendiri, disarankan menggunakan warna yang sama seperti objek agar hasilnya tidak terlalu berantakan hehe



Beginilah hasil dari penggunaan brush tadi



Step 10 : Selanjutnya, pilih layer group yang tadi, lalu add layer masking, gunanya disini adalah untuk menghapus objek agar pecahan brush yang tadi terlihat

Ingat, gunakan brush, dan hasilnya akan seperti ini


Step 11 (Mandatory) : Buat layer baru, lalu add gradient pada layer tersebut, gunanya adalah untuk pencahayaan gambar


Sisanya cukup diatur sesuai selera, setelah itu naikan layer gradient tadi ke paling atas lalu overlay
Ta-da! Selesai sudah! Caranya sedikit rumit sih jika menggunakan tulisan seperti ini, video akan menyusul nanti pagi :)

Untuk brush :
Link


Untuk polosan gambar :
Link

Untuk PSDnya :
Link


Untuk tutorial videonya (HD) :Link