Thursday, May 12, 2016

Belajar HTML : Table pada HTML (Dasar, Cellpadding, dan Cellspacing, Width)

Secara umum Table pada HTML digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk kolom dan baris. Perpotongan antara kolom dan baris disebut sel. Dan berikut ini merupakan elemen-elemen yang terdapat pada HTML Table :

Dan berikut ini adalah contoh sederhana HTML Table yang sangat dasar :
Contoh HTMLnya

Outputnya
Baiklah, secara dasar, atau mungkin yang lebih sering digunakan secara umumnya adalah seperti contoh diatas. Dari contoh diatas, kalian bisa mencoba beragam teknik, mulai dari mengubah warnanya, ukurannya, fontnya, dll. Selamat mencoba ;)

Sekarang saya akan membahas soal cellpadding dan cellspacing. Tag <table mempunyai atribut Cellpadding dan Cellspacing. Attribut cellpadding yang biasa digunakan untuk menyatakan jarak antara isi sel dengan bingkai tabel (satuan yang digunakan adalah pixel). Lalu, attribut cellspacing menyatakan jarak antara sel satu dengan sel lainnya (satuan yang digunakan adalah pixel). Disamping itu, atribut yang umum digunakan adalah Width. Atribut width menyatakan lebar tabel (satuannya adalah persen (%) atau pixel (px)).

Dan inilah contoh HTML dari Cellpadding dan Cellspacing
HTML dari Cellpadding dan Cellspacing
Outputnya

Selanjutnya adalah contoh dari HTML Width (sebenarnya bisa di hitung dasar sih haha)
HTML dari Width

Outputnya
Yap, segitu dulu. Semoga bermanfaat ^^ , next time (ntah kapan, semoga di rumah ada sinyal internet ;_;) saya akan membahas table lagi, tapi yang berbeda hehe. Selamat mencoba ~

0 comments: