Friday, April 29, 2016

Citra bitmap : Pengertian, ciri-ciri, aplikasi pengolah citra bitmap

Malam, kali ini saya akan membahas tentang citra gambar bitmap dan vector. Sebelumnya, citra itu apa sih?

Citra adalah representasi dari sebuah objek. Citra sebagai keluaran suatu sistem perekaman data dapat bersifat analog, berupa sinyal-sinyal video, seperti gambar pada monitor televisi atau yang bersifat digital yang dapat langsung disimpan pada suatu pita magnetic.

 Baiklah, ke intinya saja sekarang (Bitmap);


Pengertian citra bitmap

Pemetaan bit. Gambar grafis komputer yang terdiri atas titik-titik yang membentuk baris dan kolom. Citra yang terbentuk terdiri atas titik dan pixel. Pada citra raster, citra terdiri atas barisan pixel dan bukan vektor yang memiliki koordinat. Satu titik direpresentasikan oleh satu atau lebih bit data. Makin banyak bit yang digunakan untuk mempresentasikan satu titik, makin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan.

Pada format bitmap, citra disimpan sebagai suatu matriks di mana masing-masing elemennya digunakan untuk menyimpan informasi warna untuk setiap pixel. Jumlah warna yang dapat disimpan ditentukan dengan satuan bit-per-pixel. Semakin besar ukuran bit-per-pixel dari suatu bitmap, semakin banyak pula jumlah warna yang dapat disimpan.

Ciri - Ciri citra bitmap
Karakteristik lain dari bitmap yang juga penting adalah jumlah warna yang dapat disimpan dalam bitmap tersebut. Ini ditentukan oleh banyaknya bit yang digunakan untuk menyimpan setiap titik dari bitmap yang menggunakan satuan bpp (bit per pixel). Dalam Windows dikenal bitmap dengan 1, 4, 8, 16, dan 24 bit per pixel. Jumlah warna maksimum yang dapat disimpan dalam suatu bitmap adalah sebanyak 2n, dimana n adalah banyaknya bit yang digunakan untuk menyimpan satu titik dari bitmap. (Aniati Murni, 1992).

Aplikasi pengolah bitmap
Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks

Bitmaphttp://berilit.blogspot.com/2016/04/citra-bitmap-pengertian-ciri-ciri.htmlhttp://berilit.blogspot.co.id/2016/04/citra-vector-pengertian-ciri-ciri.htmlVector
   

0 comments: