Monday, November 9, 2015

Sejarah dan cara kerja web

Internet merupakan jaringan komputer yg saling terhubung. Tidak ada perusahaan yg mempunyai internet, yg merupakan upaya kerjasama diatur oleh sistem standar & aturan. Maksud dari menghubungkan komputer bersama-sama, tentu saja, merupakan untuk berbagi informasi. Ada banyak sekali cara informasi bisa dikirimkan antar komputer, termasuk juga email, transfer file (File Transfer Protocol), & banyak juga pelayanan yg secara khusus dibangun dalam pelayanan Internet. Metode ini standar utk mentransfer data atau dokumen lewat jaringan dikenal sbg protokol.



Pengertian Web


World Wide Web, yang lebih populer disingkat dengan WWW merupakan satu buah ruang informasi yg digunakan oleh pengenal global yg dinamakan dengan URL (Uniform Resource Locator) utk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW tidak jarang dianggap sama dengan Internet dengan cara total, meski sebenarnya WWW sendiri hanyalah bagian daripada Internet.bacab juga sejarah internet  .WWW merupakan kumpulan situs server dari seluruh dunia yg memiliki kegunaan untuk menyediakan data & info utk bisa digunakan bersama. WWW ialah sektor yg paling menarik dari Internet. Lewat web, para customer bisa terhubung informasi-informasi yg tidak hanya berupa teks namun mampu pula berupa gambar, nada, video & animasi.


Kegunaan ini tergolong masih baru di bandingkan surat elektronik atau email, sebenarnya WWW ialah kumpulan dokumen yg tersimpan di peladen web, & yg peladennya menyebar di lima benua termasuk juga Indonesia yg mengakses menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen info ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Satu Buah halaman dokumen informasi bisa terdiri atas teks yg saling terkait dgn teks lainnya atau bahkan dgn dokumen lain. Keterkaitan halaman melalui teks ini dinamakan pranala. Dokumen infomasi ini selain terdiri dari teks tapi bisa juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yg seperti itu biasa dinamakan hipermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW yaitu sekelompok dokumen multimedia yg saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dgn mengeklik pranala (hyperlink), sehingga para pengguna dapat berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.



Sejarah Web


WWW merupakan sebuah program yg ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada th 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Utk itu, ia mengembangkan satu buah system untuk kepentingan pribadi. System itu yaitu program peranti lunak yg diberi nama Enquire. Dgn program itu, Berners-Lee sukses membuat jaringan yg menautkan berbagai arsip maka memudahkan pencarian informasi yangdibutuhkan. Inilah yg nanti jadi dasar dari suatu perkembangan pesatyang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada thn 1989 Berners-lee menciptakan pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bln Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas th 1991, WWW secara resmi dipakai secara luas pada jaringan Internet.


Cara Kerja Web

Sebuah web browser adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.
Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.

0 comments: