Saturday, April 16, 2016

Error displaying the error page: Application Instantiation Error: Could not connect to MySQL?

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan membahas error yang telah saya alami pada website Joomla. Errornya adalah kita tidak bisa connect ke MySQLnya disaat membuka website tersebut?


Maksud dari error tersebut adalah disaat kita membuka website, database yang terdapat pada MySQL tidak dapat diakses. Untuk resolusinya cukup mudah sepengalaman saya, yaitu ;

Melihat ulang data configuration.php
Maksudnya apa? Singkatnya saja, saya menggunakan cpanel untuk instalasi web joomla saya, maka dari itu cara memperbaiki masalah ini menurut saya adalah : 


Step 1
Buka File Manager, lalu masuk ke folder joomlanya
Step 2
 Jika menemukan file configuration.php langsung saja di klik kanan lalu code edit


Step 3
 Jika sudah maka perhatikan kode yang banyak disitu, inti dari error ini adalah databasenya. Maka dari itu cukup lihat public $user, public $password, public $db apakah sesuai dengan data yang anda masukan diawal membuat. Jika ada yang berubah cukup di edit dan selesai!

Yap, hanya itu saran dari saya, mungkin terlihat mudah, tapi memiliki dampak yang besar jika error ini terjadi, lho! Yah, semoga bermanfaat ^^

0 comments: